Pengertian, Kelebihan dan Contoh Linux [LENGKAP]


Pernah mendengar orang yang memperbaiki komputer mengatakan linux? Atau kamu diminta untuk menggunakan linux pada komputer atau laptop? Namun apa sebenarnya linux itu?

Linux adalah sebuah sistem operasi (OS) open source terbesar didunia yang awalnya dibuat oleh seorang mahasiswa bernama Linus Torvalds dari Finlandia, yang mana kernel yang digunakan pada sistem operasi ini diberi nama Kernel Linux.

Sederhananya linux ini seperti Windows yang digunakan sebagai sistem oprasi pada komputer. Kalau di handphone seperti Android dan juga iOs.

Kelebihan Linux

Selama ini mungkin anda menggunakan windows karena memang inilah sistem oprasi yang sering dan paling banyak digunakan pada komputer. Lalu apa kelebihan Linux sehingga banyak orang menyarankannya? Berikut beberapa kelebihan Linux.
  • Open Souce: yang artinya kamu bisa menggunakan sistem oprasi ini tanpa harus meminta izin atau membeli licensi. Selain itu, kamu juga bisa melakukan modifikasi pada sistem ini agar memiliki kemampuan yang lebih baik lagi.
  • Aman Dari Virus: kami tidak menyebutkan bahwa sistem oprasi ini tidak akan terkena virus, namun dibandingkan dengan OS lain, ini jauh lebih baik karena cara kerjanya sendiri dengan memaksimalkan keamanan pada sistem ini.
  • Driver Lengkap: pernah menggunakan windows dimana ketika kamu ingin menggunakan program tiba-tiba tidak bisa digunakan, setelah dicek driver corrupt. Hal semacam ini bukan menjadi masalah karena kernel linux akan menyelesaikan semuanya.
  • Kelengkapan Apps: ketika kita menggunakan windows, kita harus menginstal banyak aplikasi yang cukup penting dan harus ada dalam komputer. Disini ada bundle aplikasi yang bisa disesuaikan dengan pekerjaan yang akan kamu jalani.
  • Tampilan yang Unik: disini kamu bebas untuk membuat tampilan antar muka yang bagaimanapun, dimulai dari font, icon, dan lainnya.
  • Sofware Center Lengkap: Jika di android tentu kamu sering mengunjungi playstore untuk instal aplikasi. Nah di Linux, kamu bisa menemukan banyak aplikasi sehingga akan semakin memudahkan kamu dalam bekerja.

Contoh-contoh Linux

Diatas sudah kami informasikan beberapa kelebihan sistem oprasi Linux dimulai dari gratis, bisa melakukan modifikasi, keamanan data, dan masih banyak lagi lainnya. Tertarik untuk menggunakan Linux? Berikut beberapa contoh linux yang bisa kamu gunakan.

1. Red Hat Linux

Red Hat Linux

Contoh Linux yang pertama adalah Red Hat Linux, sebuah versi yang sangat populler, bahkan sangking popullernya sistem ini produksinya dihentikan, yakni pada sekitaran tahun 2004. Sistem ini pertama kali meluncur pada tahun 3-11-1994, yang mana pada saat itu versi ini diberi nama Red Hat Commercial Linux.

Karena ini adalah versi lama, tidak banyak pengembangan yang dilakukan, dan kelebihannya adalah proses penginstalan yang sangat mudah. Jika kamu adalah orang yang baru menggunakan sistem oprasi ini, RedHat Linux adalah versi yang paling mudah untuk pengenalan.

2. Debian Linux

Debian Linux

Contoh selanjutnya ada Debian Linux dimana sistem oprasi ini diluncurkan setelah satu tahun Redhat. Yes, sistem ini pertama kali dilucurkan pada tahun 1995, tepatnya pada tanggal 13 mei. Ssitem oprasi ini sendiri didedikasikan untuk komputer yang ditujukan sebagai server atau admin.

Sah-sah saja jika kamu ingin menggunakan sistem oprasi ini untuk harian, namun menurut kami sendiri hal ini kurang begitu cocok, untuk harian menggunakan Redhat saja sepertinya sudah cukup mumpuni.

3. Ubuntu Linux

Ubuntu Linux

Selanjutnya ada Ubuntu Linux, dimana yang ini adalah versi pengembangan dari Debian, namun tanggal perilisan perdananya cukup berbeda jauh, yakni pada tahun 2004. Pertama kami ingin membahas suatu hal yang unik dari sistem oprasi ini, dimana nama yang digunakan adalah istilah filosofi dari Afrika Selatan. Kurang lebih artinya adalah “Kemanusiaan untuk sesama”, cukup keren dan tentu saja sesuai karena ini adalah sistem oprasi open source.

Terkait peredarannya, develomper memberikan tiga versi yang memiliki funsgi dan kapasitas yang berbeda-beda, dimulai dari ubuntu untuk pribadi, ubuntu untuk server, dan juga ubuntu untuk desktop.

Jika kamu memiliki komputer probadi dan ingin mencoba Linux, dari pada Debian, Ubuntu Linux ini adalah yang paling kami rekomendasikan, tentu saja pilih yang versi pribadi.

4. Linux Mint

Linux Mint

Mendengar nama contoh linux yang keempat ini mungkin kamu akan teringat pada nama perment yang memiliki rasa segar dan harum, apakah sistem oprasi ini juga sama seperti itu? Nyata memang iya, karena tagline yang digunakan sendiri adalah sebuah sistem oprasi yang moden, mudah, dan memiliki sistem keamanan yang kuat.

Masih sama seperti Ubuntu Linux, Linux Mint juga dikembangkan dari Debian, yang mana rilis perdana pada tahun 2006. Dalam sistem oprasi ini tidak ada yang ditujukan untuk komputer server, namun hanya pada penggunaan harian saja.

Ada dua versi yang terdapat pada Linux Mint, yakni Mate dan Cinamond. Kata beberapa orang Cinamon memang jauh lebih moder, namun jika dibandingkan dengan Mate, yang versi Cnamon kurang begitu stabil pas digunakan.

5. Fedora Linux

Fedora Linux

Rilis perdana pada tahun 2003, adalah sebuah disto linux yang dikembangkan oleh Fedora Project. Sistem oprasi ini tentu saja memiliki beberapa kelebihan yang akan membuat kamu bisa menggunakan komputer sebagai mana mestinya, salah satunya adalah aplikasi dan platform yang cukup baik. Meski demikian, bukan berarti sistem oprasi ini tidak memiliki kekurangan, Fedora juga memiliki kekurangan, yakni pada bagian pembaruan yang tidak terlalu sering.

Itulah pembahasan kami terkait pengertian, kelebihan, dan contoh Linux yang bisa kamu gunakan untuk mengoprasikan komputer. Jadi sekarang udah paham ya, apa itu Linux, dan apa saja contohnya? Selain beberapa hal yang sudah kami sebutkan, masih ada lagi beberapa contoh seperti SuSE Linux, CentOS Linux, dan Slackware Linux.