Linux vs Windows !! Mana OS yang Lebih Baik??

linux vs windows

Linux vs Windows, mana yang paling baik? Biasanya pertanyaan ini terjadi pada pengguna windows yang ingin mencoba sistem oprasi baru, atau pun sebaliknya. Untuk kamu yang saat ini menggunakan windows dan disarankan untuk menggunakan Linux, namun masih ragu, artikel kita kali ini akan membantu kamu untuk memilih mana yang paling tepat.

Namun sebelum membahas lebih jauh, perlu kita sadari bahwa perdebatan antara Linux vs Windows sebnarnya bukanlah subject yang apple to aplle. Di artikel pegertian Linux yang kemarin kami bahas sudah diketahui bahwa Linux open source, sedangkan windows sebaliknya. Selain itu, dua sistem oprasi ini dibuat dengan spesifikasi dan standart yang sangat berbeda.

Jadi, mungkin saja windows akan jauh lebih baik buat kamu, ataupun bisa sebaliknya, tergantung mana sistem oprasi yang paling memudahkan kamu dalam bekerja, karena sejatinya memang itulah yang kita butuhkan dalam memilih peralatan pendukung.


Linux vs Windows, Bagusan Mana??

Untuk memudahkan kamu dalam mengetahui kelebihan dan kekurangan dari masing-masing sistem oprasi, silahkan simak table dibawah ini.

Linux Windows
Hak Akses Di linux, pengguna bisa dengan mudah untuk mengubah dan memodifikasi kode pada kernel sehingga kita bisa melakukan apapun yang kita butuhkan untuk melancarkan pekerjaan. Lain halnya dengan Widows, pada sistem oprasi ini kamu tidak memiliki hak akses untuk mengganti kode. Hanya pihak develomper sajalah yang boleh melakukan perubahan terhadap. Ini akan sangat memkan waktu jika sistem oprasi terdapat bug, karena kita harus melapor dan menunggu perbaikan dari pihak develomper.
Lisensi Linux adalah sisitem oprasi dengan lisensi open source, yang artinya kita bisa melakukan banyak modifikasi, hal inilah yang membuat linux memiliki banyak distro. Perangkat-perangkat lunak hasil modifikasi kita itu nantinya bisa kita gunakan sendiri, atau bahkan menjualnya kepada yang membutuhkan. Di windows sendiri hal tersebut tidak berlaku, ketika kamu membeli lisensinya, hanya bisa digunakan pada komputer anda sendiri, tapa bisa mengakses pada kode yang memungkinkan untuk melakukan modifikasi.
Ketersediaan Software Di linux sendiri software yang tersedia untuk digunakan sangat terbatas, hal ini juga yang menjadi alasan kenapa pengguna Linux beralih ke windows. Lain halnya dengan windows, disini kamu bisa menemukan banyak software yang bisa kita istal untuk memudahkan pekerjaan. Untuk pekerja kantoran yang tidak terlalu paham dengan apps, tentu hal ini sangat membantu.
Support Di linux semua orang bisa membuat distro, dan disini letak permasalhannya, jika terjadi masalah pada distro yang digunakan, ini cenderung leih sulit untuk diatasi, karena distro satu dan lainnya memiliki caranya masing-masing. Karena windows tidak mengenal distro, dan pengembangan hanya bisa dilakukan oleh develomper, maka standart yang ditetapkan jelas. Hal ini juga membuat, penanganan jika terjadi masalah akan jauh lebih mudah.
Security Keamanan data adalah hal yang sangat penting, jika kamu adalah orang yang bekerja mengumpulkan data rahasia suatu perusahaan, maka Linux adalah jawabannya. Sistem ini memang dikenal sebagai OS dengan security mumpuni. Kami tidak mengatakan windows memiliki sistem oprasi yang buruk, namun jika dibandingkan dengan linux tentu saja kalah jauh. Untuk keamanan, Linux vs Windows pemanangnya tetap Linux.
Performa Masalah performa, Linux jauh lebih cepat dan mudah sekali digunakan, meskipun spesifikasi desktop yang digunakan belum begitu bagus. Untuk hal ini lagi-lagi windows masih kalah jauh,windows sudah menetapkan spesifikasi yang cukup tinggi, alhasil jika kita memaksa untuk menggunakan versi terbaru dan spesifikasinya belum sesuai, akan sangat sulit digunakan.
Tampilan Linux memang tidak memiliki tampilan yang user frendly, namun kita bisa menginstal beberapa distro yang memiliki tampilan seperti windows. Ini adalah kelebihan dari windows, tampilannya sangat user friendly sehingga sangat mudah untuk digunakan.

Jadi, bagaimana kesimpulannya? Linux vs Windows mana yang lebih baik? Tentu saja harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Jika kamu adalah pegawai kantoran yang hanya mengoprasikan microsoft word dan excel, windows adalah rekomendasinya.