Pengertian Linux Ubuntu, Fitur, dan Versi [LENGKAP]

Pengertian Linux Ubuntu, Fitur, dan Versi [LENGKAP]

Membahas sistem oprasi (OS) memang tidak pernah ada habisnya, karena teknologi sendiri terus mengalami perkembangan. Namun jangan kuatir karena Tekno Divedigital akan selalu memberikan informasinya untuk anda.

Setelah beberapa waktu lalu kami membahas tentang pengertian Linux lengkap dengan contoh-contohnya, dalam kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk membahas tentang pengertian linux ubuntu lebih detil.

Pengertian Linux Ubuntu

Linux Ubuntu adalah satu dari sekian banyak distribusi Linux yang dikembangkan dari distribusi Debian, dimana proyek ini danai oleh Canonical Ltd. Tujuan dari pengembangan sistem oprasi ini sendiri awalnya adalah untuk menghadirkan sistem oprasi yang mudah digunakan dan memiliki keamanan yang mumpuni.

Sistem oprasi ini sendiri diluncurkan ke pasaran pertama kali pada tahun 2004, dimana pada setiap enam bulan sekali akan dihadirkan versi terbaru.

Fitur yang ada

Jika anda menggunakan ubuntu, dalam perangkat anda akan ada banyak fitur, seperti :

1. Perangkat Dokumen

Jika sistem oprasi windows ada windows office, untuk Linux sendiri sudah tersedia beberapa software dokumen seperti Libre Office dan juga Open Office. Kedua software ini bisa kamu gunakan untuk kebutuhan membuat dokumen layaknya microsoft office.

Libre Office sendiri merupakan aplikasi open source yang diterbitkan dan dikembangkan oleh The Document Foundation.

Tidak jauh berbeda dengan Microsoft Office, di Libre Office anda juga bisa melakukan berbagai macam aktivitas seperti membuat, menyimpan, dan mengolah dokumen dengan dukungan format open document file (ODF), mengkonversi ODF menjadi flat XML, import, menngkonversi dokumen menjadi PDF, memberikan komentar atau saran pada dokumen, aplikasi remote presentasi, dan masih banyak lagi lainnya.

Sedangkan untuk Open Office sendiri adalah juga hampir mirip seperti windows office, bahkan aplikasi ini sendiri dibuat untuk menyaingi windows office.

2. Browser

Untuk memudahkan menjelajah di internet, perangkat tentu saja membutuhkan browser seperti halnya Chrom atau Opera. Di sistem oprasi Linux Ubuntu sendiri anda bisa langsung menggunakan Mozila, sudah tidak asing lagi bukan dengan browser satu ini?

Ini adalah sebuah browser open source juga yang mana aplikasi ini bisa digunakan pada berbagai macam sistem oprasi, jadi wajar jika Ubuntu atau windows juga menggunakan sistem oprasi ini.

Pada awal peluncurannya, aplikasi ini disambut dengan sangat baik oleh banyak orang, terbukti sejak pertama kali diumumkan ke publik hanya butuh waktu 12 hari sudah digunakan lebih dari 5 juta perangkat. Terkait kelebihan tidak perlu kami sebutkan rasanya kamu sudah mengetahuinya ya, mengingat aplikasi ini sudah sering digunakan.

3. Game

Rasanya kurang lengkap kalau sebuah perangkat tidak ada game, faktanya jika kita bosan dengan pekerjaan yang sangat banyak, bermain game bisa menjadi salah satu cara ampuh untuk menghilangkan kebosanan.

Pada Linux Ubuntu juga sudah tersedia game yang bisa anda mainkan disaat bosan seperti Mines, Chess, dan juga Sudoku. Memang ini adalag game ringan, namun kamu bisa menginstal lagi membutuhkan game yang lainnya.

Spesifikasi Perangkat

Agar sistem oprasi ini bisa bekerja dengan baik, idelanya perangkat harus memiliki spesifikasi seperti berikut ini, agar ubuntu bisa berjalan dengan baik.


Server Dekstop
Prosesor 300 MHz 700 Mhz
RAM 128 Mib 512 Mib
Hard Drive 1 GB 5 GB
Resolusi Layar 640x480 sama

Versi Linux Ubuntu

Seperti yang sudah kami katakan bahwa Canonical LTD selaku pengembang selalu melakukan update versi setiap 6 Bulan sekali. Dan sejauh ini, sudah ada beberapa versi linux ubuntu yang bisa digunakan, diantaranya adalah:

1. Edubuntu

Edubuntu adalah singkatakan dari “Education Ubuntu”. Dari namanya saja mungkin anda sudah bisa menemabk bahwa versi ini sengaja dihadirkan untuk mendukung perangkat pada media belajar seperti sekolah dan kelas.

Sebenarnya versi ini sendiri dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer server yang dijalankan dengan sistem tanpa disk. Untuk display manager, versi ini masih menggunakan GDM dan juga GNOM, maka tak heran jika aplikasi yang tersedia dalam versi ini adalah gabungan dari dua tersebut.

2. Gobuntu

Versi ini sendiri sudah dihentikan pada tahun 2009, hal ini karena Canonical merasa bahwa proyek ini terlalu berlebihan untuk terus dilakukan, sehingga versi terakhir dari Gobuntu adalah pada versi 8.04.

3. Kubuntu

Versi ini masih menggunakan KDE yang mana pada versi ini bisa anda dapatkan secara gratis, baik melalui shipIt atau website lainnya. Lagi-lagi, dibalik nama yang digunakan memiliki makna filosofis yang sangat dalam yaitu “untuk kemanusiaan”.

4. Lubuntu

Jika kamu menginginkan sistem oprasi yang ringan dan mudah untuk digunakan, Lubuntu mungkin bisa menjadi solusi karena memang versi ini dibuat untuk tujuan tersebut. Tidak perlu spesifikasi perangkat yang terlalu tinggi, versi sistem oprasi ini bisa kamu jalankan dengan perangkat yang sedang saja.

Itulah empat versi Ubuntu Linux yang bisa kamu coba, selain 4 versi diatas, masih ada versi lain yang bisa kamu gunakan seperti Xubuntu, Ubuntu JeOS, Ubuntu Mobile, Ubuntu Network Edition, Ubuntu Server, Ubuntu TV, dan juga Ubuntu for Android.