7 Contoh Distro Linux Terbaik dan Paling Banyak digunakan


7 Contoh Distro Linux Terbaik dan Paling Banyak digunakan
Ada beberapa sistem operasi yang sering digunakan oleh banyak orang, salah satu yang paling populer tentu saja Linux. Menurut pengertiannya, Linux adalah sistem operasi open source yang memang sangatlah terkenal dan bisa menjadi sebuah alternatif bagi Anda selain sistem operasi Windows. Linux dijamin lebih aman, bisa terbebas dari berbagai gangguan virus dan yang paling disukai adalah tidak berbayar alias gratis.

Linux sendiri sebenarnya menawarkan banyak sekali pilihan yang bisa Anda coba. Namun, bagi Anda yang belum paham benar dengan sistem operasi yang satu ini pastinya akan kebingungan dengan distro Linux yang mana. Tentu saja, sistem operasi yang satu ini harus benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan.

7 Distro Linux Terbaik & Populer

Nah, bagi Anda yang masih kebingungan akan memilih yang mana, maka ada rekomendasi 7 sistem operasi Linux yang bisa Anda pilih. Berikut pembahasan singkat mengenai beberapa sistem operasi Linux yang bisa Anda gunakan dan mari menemukan yang cocok untuk Anda.

1. Linux Mint

Linux Mint adalah OS Linux yang paling cepat perkembangannya di antara yang lain. Banyak alasan mengapa Linux Mint menjadi yang terbaik bagi para pengguna baru atau yang masih pemula. Salah satunya adalah karena sistem operasi Linux yang satu ini telah memberikan sebuah pengalaman yang tak biasa kepada setiap penggunanya.

Namun, nyatanya tak hanya itu saja alasan mengapa Linux Mint dijadikan sebagai salah satu distro Linux terbaik. Ada beberapa alasan lain seperti desktop cinnamon yang sangat mudah pemakaiannya, adanya akses kepada repositori perangkat lunak dari Ubuntu, komunitas yang suportif dan bisa dibilang terbesar, serta banyak lagi yang lainnya.

2. Ubuntu

Selain Linux Mint, Ubuntu juga salah satu yang bisa Anda pakai. Ubuntu juga sangat terkenal di antara kalangan pengguna sistem operasi yang satu ini. Ada banyak fitur-fitur baru yang diusungnya. Apabila kemampuan hardware pada komputer Anda sangat terbatas, maka Anda sangat disarankan untuk memakai misalnya saja Xubuntu, Lubuntu, atau bisa juga Ubuntu MATE.

Ubuntu akan membantu Anda dalam menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efisien lagi dari sebelumnya dan tentu saja, membuat Anda bisa melakukan multitasking. Adapun alasan lain mengapa Anda harus memilih Ubuntu adalah karena banyak software yang tersedia di sistem operasi ini, sangat user friendly dan juga powerfull, kemudian ia juga mendukung berbagai aplikasi populer yang mungkin saja sangat Anda butuhkan.

3. CentOS

Ada banyak lagi distro Linux yang bisa Anda gunakan untuk perangkat Anda dan salah satu yang terbaik untuk server adalah CentOS. CentOS juga begitu terkenal di kalangan pengguna Linux disebabkan kinerjanya yang amat bagus serta sangat stabil.

Terlebih lagi, CentOS juga memiliki manajemen paket rpm dan juga yum yang begitu dikenal. Jadi, jika Anda hendak memilih yang terbaik untuk server Anda, maka CentOS adalah pilihan yang tepat.

4. Kali Linux

Untuk distro yang satu ini hadir dengan berbagai macam tools yang jumlahnya mencapai ratusan dan sangat berguna untuk analisis kerentanan, aplikasi web, serangan nirkabel, dan lain sebagainya. Kali Linux pun bisa Anda install di Ordroid, Raspberry Pi, BeagleBone dan semacamnya. Bahkan, Kali Linux juga disediakan di perangkat Android untuk Kali NetHunter.

Kali Linux memang cocok untuk peretasan etika, sebab beberapa alasannya seperti ada banyak tool ethical hacking yang telah diuji dan juga dicoba, merupakan sumber belajar yang sangat luas dan juga basis solid debian.

5. Elementary OS

Elementary OS memang sangat populer dan terkenal karena kinerja yang tak tertandingi. Elementary OS juga ada meminjam sedikit elemen desain yang diusung oleh MacOS. Apabila mengenalnya secara keseluruhan, Elementary OS sangat pas untuk membantu Anda menyelesaikan tugas komputasi sehari-hari.

Adapun alasan dipilihnya dan digunakannya Elementary OS adalah karena desktop yang cukup ringan, antarmukanya yang sangat smooth, dan disertai tampilannya yang seperti MacOS.

6. Taill

Berbicara tentang distro Linux yang mengandung privasi, di mana Anda memiliki keinginan berselancar di internet tanpa meninggalkan jejak, maka Taill adalah pilihan yang tepat. Distro yang berbasis Debian ini sangat aman dan tentu saja memastikan bahwa semua koneksi internetnya telah dipaksa untuk melewati sebuah jaringan bernama Tor.

Karena hal inilah, Anda bisa dengan mudah untuk berselancar tanpa meninggalkan jejak di komputer. Adapun kelebihan lainnya berupa dapat menyimpan semuanya dalam RAM tanpa meninggalkan jejak sama sekali. Selain itu, ada fitur Built in Suite enkripsi yang bisa dilakukan oleh sistem operasi yang satu ini.

7. Steam OS

Steam OS ditujukan untuk mereka yang menggemari game. Meski sebenarnya tak terlalu banyak para gamer yang beralih ke sistem operasi Linux karena keterbatasan game-nya, akan tetapi saat ini sudah banyak game yang meluncur di OS yang satu ini.

Steam OS sendiri sudah dibekali dengan teknologi tweak kernel Linux yang mana dapat memastikan bahwa penggunanya akan mendapatkan sebuah kinerja gaming yang lebih baik dibanding yang lainnya.

Baca Juga: Mengetahui Perbedaan Linux dan Windows

Ada berbagai kelebihan dan juga kekurangan dari Steam OS, salah satunya adalah fitur yang terbatas untuk tugas lainnya, sebab difokuskan untuk game saja. Kemudian ada pula kelebihan lain yang berupa kompatibelnya sistem operasi ini dengan perangkat keras untuk game kemudian juga menyediakan antarmuka pengguna yang sangat menarik.

Nah, dari ketujuh distro Linux di atas, silakan Anda pilih mana yang cocok dan pastikan bahwa sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.