Mengenal Jenis-Jenis Versi Linux Debian dan Kelebihannya

linux debian

Selain Windows sistem operasi komputer juga tersedia linux. Banyak penggemar yang memanfaatkannya sebagai server atau untuk keperluan sehari-hari yang bisa diunggah di personal komputer atau juga laptop. Saat ini, ada banyak versi linux yang bisa kamu temui. Tetapi, yang lagi viral adalah versi linux debian.

Debian sendiri merupakan sistem operasi yang mampu mendukung lebih dari 3.000 aplikasi yang bisa kamu unduh. Program ini sudah dikembangkan oleh 500 programer. Dengan fitur update yang akan disediakan dari waktu ke waktu. Kamu juga bisa download debian di internet dengan biaya yang tidak terlalu mahal.

Mengenal Linux Debian

Sebelum, melihat jenis-jenis yang digunakan. Tidak ada salahnya mengenal lebih jauh dahulu, apa dan bagaimana Linux Debian ini. Menurut catatan sejarahnya, program Linux Debian mulai diluncurkan dan diperkenalkan pada tanggal 16 Agustus 1993, oleh seorang Mahasiswa bernama Ian Murdock.

Selanjutnya, pada tahun 1996 proyek ini dilanjutkan oleh Bruce Perens seiring berkembangnya zaman. Produk ini semakin berkembang. Hingga sekarang, kamu bisa mengetahui beberapa jenis linux debian.

Kelebihan dan Kekurangan Linux Debian

Bagi kamu yang bingung mau menggunakan Linux atau Window sebagai sistem operasi.  Simak dahulu, beberapa kelebihan dan kekurangan dari perangkat Linux ini. Siapa tahu, kelebihannya adalah yang kamu cari.

Kelebihan Kekurangan
Program ini cukup stabil, cobalah gunakan terus menerus selama satu bulan tanpa henti. Dijamin, tidak akan eror atau hang. Jangka waktu rilis versi satu dengan terbarunya cukup lama.
Bebas biaya software. Sehingga, kamu bisa dengan bebas menyalin atau menyebarluaskan source programnya dengan bebas. Saat menginstal pertama kali, dikonfigurasi agak sulit.
Menariknya menggunakan program ini adalah memiliki sistem.operasi cross platform. Sehingga, bisa dijalankan di semua jenis komputer saat ini. Versi software yang ada saat ini biasa lebih tua.

Setidaknya itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Linux Debian. Bagaimana sudahkah tertarik menggunakannya?

Jenis Versi Linux Debian

Pengguna Linux Debian memang tidak sedikit, rata-rata mereka cukup puas menggunakan program ini. Salah satunya adalah banyaknya debian version yang bisa kamu unduh. Berikut, beberapa versi Linux Debian yang bisa kamu gunakan

1. Debian Buzz

Versi pertama adalah Debian Buzz yang rilis pertama kali pada 17 Juni 1996. Keunikan dari program ini adalah sudah menggunakan kode yang diambil dari nama tokoh film animasi Toy Story. Menggunakan paket Elf dengan kernel linux versi 2.0 dan mempunyai paket 474 Paket data.

2. Debian Sarge

Inilah versi ke 3 dari Linux Debian. Nama sarge sendiri adalah mainan plastik yang berbentuk hijau dengan bentuknya seperti tentara. Dirilis menggunakan 30 bahasa di seluruh dunia. Tersedia dalam 14 set CD binari dan 15.400 paket data binary.

3. Debian Lenny

Debian 5 ini sudah menggunakan ARM port terbaru untuk support processor kamu. Debian Lenny juga berisi pembangunan Emdebian yang sudah diizinkan untuk membongkar pasang, menyelaraskan sistem dan menyembunyikan penyimpanan ARM.

Baca Juga: pengertian linux ubuntu

Dalam keluaran kali ini, ada platform Marvell's Orion. Digunakan untuk mensupport Netbook dan PC terutama untuk merk Eee dan Asus. Hadir juga teknologi Sun's Java dengan versinya yang gratis dan menyediakan Java versi pertama.

4. Debian Squeeze

Debian ini masih diambil dari nama Toy story yang bernama Alien Hijau Bermata Tiga. Di versi ini kamu masih belum mendapatkan izin untuk mengakses kernel non-linux.

Kesimpulan
Versi Linux Debian adalah program yang bisa direkomendasikan untuk kamu. Dengan keunggulan program yang stabil membuat kamu tidak salah bila menggunakannya. Jadi, masih berpikir dua kali untuk menggunakan Linux Debian?