-->

5 Aplikasi Tools Typo Checker Online Bahasa Indonesia Terbaik

author photo Oktober 20, 2020
Aplikasi Tools Typo Checker Online Bahasa Indonesia

Sedang mengerjakan skripsi atau tesis dan tidak ingin tulisan anda mengalami typo sebelum diserahkan kepada dosen pembimbing? Mengggunakan aplikasi typo checker untuk bahasa Indonesia bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan begitu, ketika kamu melakukan bimbingan, skripsi sudah terbebas dari keselahan teknis seperti typo dan tata bahasa yang tidak baku.


Dalam kesempatan kali ini DiveTekno akan mengulas beberapa website atau aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah ini. Yuk simak pembahasan kami kali ini.

 

Aplikasi Typo Checker Online Bahasa Indonesia

Berikut beberapa website yang bisa kamu akses secara online untuk mengecek kesalahan tulis dalam bahasa Indonesia.

 

1. Typograp.com

Tools typo checking yang pertama dan bisa kamu manfaatkan untuk melakukan pengecekan terhadap tulisan typo adalah typograp, sebuah situs baru yang sangat simple, user friendly, dan sangat mudah untuk digunakan. Selain untuk mengecek typo, kamu juga bisa mengecek kata baku yang sesuai dengan KBBI, dimana tools akan merekomendasikan kata yang paling tepat.

 

Baca Juga: Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Kompatibel di Android


Untuk sekali pengecekan, tools ini akan memperbolehkan kamu untuk mengecek 700 kata saja, jika lebih dari itu, kamu bisa melakukan pengecekan lagi. Beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh situs ini adalah database yang selalu diperbarui, gratis, fastload, dan juga dokumen bersifat rahasia, atau aman untuk digunakan.


2. Lektur.id

Tools typo checker selanjutnya yang bisa kamu manfaatkan untuk mengecek kesalahan ketik adalah lektur.id, dimana jika ada kata typo atau yang kurang tepat, akan ditandai dengan warna merah. Website yang satu ini juga cukup ringan diakses, namun sepertinya database masih dalam pengembangan karena banyak kata yang tidak typo, namun ditandai dengan kata typo.


Kelebihan dari website cheking online yang satu ini adalah, tidak ada batasan mengenai jumlah kata yang ingin kamu cek, jadi kamu bisa melakukan pengecekan sesuka hati.


3. Typoonline.com

Jika dua website sebelumnya masih belum sesuai dengan harapan kamu, mungkin typoonline.com adalah website yang kamu cari. Untuk melakukan pengecekan typo juga sangat mudah, yakni kamu hanya perlu mempaste text yang ingin kamu cek pada area yang sudah disediakan, dan hasilnya akan keluar pada bagian kanannya.


Namun sayangnya situs ini hanya memperbolehkan kamu untuk melakukan pengecekan sebesar 750 karakter saja, jika lebih dari itu, kamu diminta untuk mendaftar terlebih dahulu. Tidak hanya dalam bahasa Indonesia, typoonline.com juga tersedia dalam bahasa inggris, dimana jika itu adalah bahasa inggris, akan ditandai dengan warna biru.


4. Ejaan.id

Tools typo checker yang keempat adalah ejaan.id, dimana kamu dapat menemukan kesalahan dalam penulisan dan melakukan perbaikan secara daring. Ada beberapa kelebihan yang diberikan oleh website satu ini seperti menggunakan PUBEI sebagai acuan, sesuai KBBI, sesuai untuk linguistik bahasa indonesia, dan dapat diakses melalui website.


Namun sayangnya, situs ini sepertinya juga masih dalam perbaikan karena pencarian apapun akan memuat hasil, tidak ada kesalahan terhadap dokumen yang kamu cek typonya.


5. Google Docs

Dan yang terakhir adalah aplikasi dari raksasa internet, yakni Google Docs, dimana kamu bisa menulis dan mendapatkan feedback secara langsung terkait kesalahan tulisan atau ejaan yang kamu gunakan. Tidak hanya tersedia dalam bahasa inggris saja, namun Google Docs saat ini juga sudah mendukung bahasa indonesia, namun databasenya belum terlalu lengkap untuk bahasa indonesia.

 

Baca Juga: Website Test Kecepatan Internet yang Mudah


Beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan selain menulis secara online adalah memungkinkan untuk memeriksa ejaan, bisa kostum apakah menggunakan penyempurnaan ejaan atau tidak, dan juga ada koreksi secara langsung, namun akan muncul jika kamu menggunakan desktop.


Itulah 5 aplikasi dalam bentuk website yang menyediakan tools typo checker bahasa Indonesia yang bisa kamu akses secara gratis. Sama seperti teknologi lainnya, tentu tidak ada teknologi yang sempurna, setiap website yang kami kenalkan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Semoga Bermanfaat ya.

This post have 0 komentar


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post