7 Aplikasi Software untuk Membuat Roadmap Online Terbaik

aplikasi membuat roadmap

Apakah kamu saat ini sedang mengembangkan sebuah produk, dan atasan meminta kamu membuat roadmap-nya? Untuk kasus yang seperti ini, mencari tahu apa saja software atau aplikasi membuat roadmap secara online dan bisa diakses secara gratis adalah pilihan terbaik. Hanya dengan mengundung dan menginstal software di laptop, kita sudah bisa membuat roadmap dengan mudah.


Memang saat ini sudah banyak aplikasi untuk membuat roadmap, namun sebelum lebih jauh membahas apa saja aplikasi yang bisa kamu gunakan, kami akan memabahas tujuan atau pentingnya produk roadmap dalam kesuksesan sebuah produk yang akan kamu launching.


Pentingnya Produk Roadmap

Produk Roadmap adalah sebuah rencana yang memperlihatkan step by step tentang strategi perkembangan produk. Produk roadmap biasanya digunakan untuk memberitahu bagaimana gambaran strategi sebuah produk kepada para petinggi perusahaan dan melakukan perencanaan terhadap anggaran yang dibutuhkan.


Dan kenapa produk roadmap menjadi penting untuk dibuat, berikut beberapa tujuan yang harus kita ketahui dalam membuat produk Roadmap.

  • Produk Roadmap akan menjadi media untuk komunikasi antara perancang ide kapada para stakeholder.
  • Produk Roadmap akan menjadi media untuk menjelaskan visi dan juga bagaimana strategi sebuah produk.
  • Produk Roadmap akan menjadi panduan dalam menjalankan rencana strategis terkait pengembangan produk.


Software & Aplikasi untuk Membuat Roadmap Online Terbaik

Kira-kira seperti itulah pentingnya produk roadmap terhadap kesuksesan sebuah produk, lalu apa saja Aplikasi membuat roadmap yang bisa kita akses secara gratis dan biasa digunakan banyak orang? Berikut beberapa aplikasi yang bisa kamu pilih.


1. Aha!

Software pertama yang bisa kamu gunakan untuk membuat roadmap adalah Aha!, dimana kamu bisa mendapatkan mengakses websitenya di aha.io. Aha! Sendiri adalah sebuah perusahaan teknologi perangkat lunak dari Amerika Serikat untuk membantu para produk manager dalam membuat produk roadmap.

 

Baca Juga:  5 Aplikasi Typo Cheking Online Bahasa Indonesia


Tidak hanya roadmpa saja, pada software satu ini kamu juga bisa membuat hal lain yang sangat penting untuk membuat strategi produk seperti ide produk, manajemen rilis, dan lebih luasnya untuk portofolio dan strategi produk. 


2. Craftwork Marketplace

Aplikasi untuk membuat roadmap yang kedua adalah Craftwork Marketplace, sebuah alat yang sangat berguna bagi manajer produk dalam membuat peta jalan untuk produk-produk yang akan mereka presentasikan kepada atasan.


Sama seperti Aha!, software ini juga memungkinkan kita untuk tidak hanya membuat peta jalan produk, namun juga hal yang sangat penting lainnya dalam mengembangkan produk seperti membuat dan mengelola siklus produk dan sangat tangkas, dari awal proses hingga akhir.


3. Trello

Trello adalah sebuah website atau aplikasi task management yang memungkinkan kamu lebih mudah untuk kolaborasi atau bekerjasama dengan rekan setim untuk melakukan berbagai pekerjaan, dan salah satu fitur yang ada pada aplikasi ini adalah membuat roadmap secara online.


Karena ini adalah website kolaborasi, maka akan sangat mudah bagi kita untuk memberikan priorotas pada sebuah produk yang akan dikembangkan lengkap dengan berbagai fitur yang menjadi priorotas, baik untuk saat ini ataupun fitur yang harus ada dimasa yang akan datang.


4. ProdPad

Untuk software pembuat roadmap yang selanjutnya adalah ProdPad, sebuah aplikasi yang cara kerjanya mirip Trello dan memungkinkan kita untuk membuat roadmap secara online dengan rekan setim. Namun untuk aplikasi yang satu ini, kita akan disediakan banyak template roadmap yang siap digunakan untuk produk-produk yang akan kamu rilis.


Melalui aplikasi ini, kita juga bisa memberikan prioritas dan juga feedback terkait roadmap produk yang telah dibuat oleh rekan kita. Berbagai template yang sudah disediakan bisa kamu gunakan untuk mengkomunikasikan strategi dan juga visi dari produk yang telah dibuat.

5. Roadmunk

Kelima  ada Roadmunk, dimana kamu juga bisa membuar peta jalan produk secara online. Dibandingkan dengan aplikasi roadmap lainnya, Roadmunk lebih mengedepankan pada UI yang sangat simple dan mudah digunakan. Kalau selama ini kamu sudah pernah menggunakan Gant Chart, UI dari Roadmunk hampir mirip seperti itu.


Sayangnya ini juga aplikasi berbayar, namun sama seperti Aha!, jika kamu melakukan pendaftaran biasanya akan ada free trial selama 14 hari yang memungkinkan kamu untuk mengenal fitur yang ada secara gratis.


6. Roadmap.space

Lanjut pada software selanjutnya, yakni Roadmap.space, sebuah tools yang akan sangat memudahkan kita dalam membuat roadmap produk. Ada beberapa kelebihan yang bisa kamu manfaatkan pada software satu ini, diantaranya adalah bisa disesuaikan untuk dapat mengikuti dari ide yang kita miliki, tersedia notifikasi via email, bisa dintegrasikan dengan tools lain, dan ada widged yang bisa kita pada pada website.


7. Canva

Jika kamu selama ini sudah sering melakukan desain gambar secara online, mungkin website yang satu ini sudah tidak asing, yaps canva juga bisa kita gunakan untuk membuat roadmap secara gratis dan mudah. Namun tidak seperti software pada umumnya, disini kamu hanya bisa membuat roadmapnya saja, dan tidak bisa kolaborasi dengan teman atau rekan satu tim.

 

Baca Juga: Cara Mengatasi Aplikasi Android Tidak Kompatibel Tanpa Root


Beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh canva adalah tersedia lebih dari 20 template yang siap digunakan, sangat user friendly, bisa drag and drop, bisa diunduh dengan format atau resolusi yang tinggi.

Nah itulah 7 aplikasi membuat roadmap online yang berhasil kami rangkum. Melalui aplikasi ini, kita akan sangat mudah untuk membuat strategi atau peta jalan dalam pengembangan produk baru, sehingga bisa langsung kita presentasikan kepada atasan. Jika kamu memiliki software andalan lain untuk membuat roadmap, silahkan sampaikan melalui kolom komentar dibawah ya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama