-->

Cara Membuat Aplikasi Menjadi Kompatibel di Android Tanpa Root [+Penyebab]

author photo Oktober 15, 2020

 Cara Membuat Aplikasi Menjadi Kompatibel di Android Tanpa Root

Ketika kamu sedang ingin membuka sebuah aplikasi, pernahkah kamu mendapatkan notifikasi “perangkat anda tidak kompatibel dengan versi ini pada android” dan akhirnya aplikasi tidak bisa digunakan. Hal seperti ini memang kerapk terjadi, dan sebagian orang akan mencari cara membuat aplikasi menjadi kompatibel agar aplikasi bisa kembali digunakan.


Dalam kesempatan kali ini tekno.divedigital.id akan mengulas hal ini untuk kalian semua. Namun sebelumnya, kami akan mengajak kamu untuk mengetahui penyebab atau kenapa hal ini bisa terjadi. Yuk simak pembahasan kami.

 


Penyebab Aplikasi Android Tidak Kompatibel

Ada beberapa hal yang membuat handphone android kamu menjadi tidak kompatibel dengan beberapa aplikasi. Berikut beberapa penyebab yang kami maksud tersebut:


Versi OS Tidak Sesuai

Smartphone satu dan lainnya, meskipun sama-sama menggunakan sistem oprasi android, namun ada beberapa versi diantaranya seperti jelly bean, froyo, gingerbread, dan yang paling terbaru adalah ice cream sandwich. Nah sebuah aplikasi biasanya akan memberikan standar khusus terkait penggunaan aplikasi agar bisa berjalan dengan lancar. Versi android yang tidak sesuai menjadi salah satu penyebab aplikasi menjadi tidak kompatibel.


Hanya untuk Negara Tertentu

Aplikasi android sebenarnya bukan milik android sendiri, namun dikembangkan oleh beberapa developer dari berbagai belahan dunia. Namun penggunaan aplikasi tetap mengacu pada undang-undang yang berlaku di negara tersebut. Nah karena negara satu dan lainnya memiliki undang-undang yang berbeda-beda, tentu saja membuat beberapa aplikasi tidak bisa digunakan di beberapa negara.


Spesifikasi Perangkat Kurang

Selain Versi android, aplikasi juga harus didukung oleh spesifikasi perangkat agar bisa digunakan dengan lancar. Nah, beberapa aplikasi yang tidak kompatibel bisa juga disebabkan oleh hal ini, yakni spesifikasi perangkat kurang tinggi. Ketika spesifikasi handphone kamu tidak sesuai dengan aplikasi, maka google playstore akan langsung memberikan notifikasi bahwa aplikasi ini tidak bisa digunakan.

 


Cara Membuat Aplikasi Menjadi Kompatibel di Android

Setelah mengetahui beberapa penyebab aplikasi tidak kompatibel, apakah kita tidak bisa menggunakan aplikasi tersebut? Kabar baiknya, masalah ini masih bisa kita atasi, berikut beberapa cara membuat aplikasi menjadi kompatibel di android yang bisa kamu lakukan tanpa harus root perangkat android. Yuk simak ulasan kami.


1. Download Aplikasi Sesuai Versi OS

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengetasi aplikasi tidak kompatibel adalah dengan mendownload aplikasi yang sesuai dengan versi OS android kalian. Apakah hal ini bisa dilakukan pada playstore? Tentu saja tidak, karena appstore seperti Play Store hanya menyediakan aplikasi versi terbaru.


Lalu dimana kita bisa mendownload aplikasi yang sesuai dengan versi OS kita? Ada beberapa situs yang bisa kamu gunakan untuk mendownload aplikasi seperti ini, yakni Aptoide, APKpure, dan juga APKMiror. Jika aplikasi sudah kalian download, namun belum bisa diinstal, silahkan aktifkan fitur instal aplikasi dari sumber lain.

 

Baca Juga: 7 Android Emulator Linux Terbaik dan Paling Ringan


Berikut beberapa hal yang harus kalian lakukan: silahkan menuju halaman setting, lalu klik security, dan yang terakhir adalah Unknow Source. Setelah mengaktifkan ini, silahkan instal lagi aplikasi yang kamu download tadi.


2. Upgrade Versi OS

Salah satu kekurangan instal dari sumber yang tidak dikenal adalah security atau keamanan sistem android menjadi berkurang, hal ini akan menjadi berbahaya jika aplikasi yang kita download disisipi malware, yang akhirnya membuat handphone kita terdapat banyak virus.


Jika kalian tidak ingin mengunakan cara diatas, kalian bisa menggunakan cara kedua ini, yakni dengan meng-upgrade versi OS android ke versi yang terbaru atau yang sesuai dengan aplikasi yang tidak kompatibel tadi.


Upgrade versi OS ini bisa kalian lakukan sendiri, jika kalian tidak tahu dan takut android anda rusak, kalian bisa datang ke service center smartphone kamu, dan minta kepada mereka untuk menguprgrade versi OS android kalian. Ini adalah cara mengatasi aplikasi tidak kompatibel tanpa root di android yang sangat aman.


3. Meng Custom ROM OS

Sayangnya, pilihan upgrade versi kadang tidak tersedia kepada seluruh versi OS, hal ini biasanya terjadi pada beberapa smartphone yang sudah kelewat jadul, sehingga sudah tidak bisa di upgrade lagi. Nah jika kamu masih kekeuh ingin menggunakan aplikasi tersebut, dan tanpa root, kamu bisa mencoba untuk melakukan custom pada ROM OS android kalian.


Beberapa pilihan custom ROM yang bisa kalian gunakan untuk hal ini adalah LineageOS, yang dahulunya bernama CyanogenMod. Namun perlu kita ketahui bersama bahwa cara custom ROM OS ini adalah salah satu cara agar aplikasi menjadi kompatibel secara paksa.


4. Menggunakan VPN

Jika aplikasi yang hendak kamu gunakan tidak bisa karena tidak tersedia di Indonesia, maka salah satu solusinya adalah dengan menginstal VPN pada perangkat kamu, dengan begitu, lalu mengubah atau menyeting lokasi kenegara yang membolehkan untuk mengakses aplikasi tersebut. Dengan cara ini, kamu akan langsung bisa menggunakan aplikasi tersebut, tanpa harus pusing lagi.


Perlu kalian ketahui, VPN sebenarnya adalah aplikasi untuk mengubah lokasi jaringan yang kita gunakan, ketika menggunakan VPN, orang akan mengenali kita sebagai pengguna dari negara lain, sehingga cara ini sangat efektif. Beberapa aplikasi VPN yang bisa kalian gunakan pada smartphone android adalah NordVPN, ProtonVPN, Windscribe, dan masih banyak lagi lainnya.

 

5. Mengganti Handphone

Masih ada satu penyebab yang belum kita bahas, yakni karena spesifikasi perangkat tidak mendukung dengan aplikasi yang hendak kita gunakan. Jika kalian adalah orang yang ahli dalam membongkar perangkat, mungkin kalian bisa mengcustom beberapa perangkat yang ada di handphone agar seusuai dengan aplikasi.


Namun jika tidak bisa, solusi terakhir adalah dengan mengganti handphone kamu dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Ini sekaligus solusi paling mudah untuk mengatasi masalah versi OS tidak sesuai tadi, karena handphone-handphone baru biasanya menggunakan versi OS terbaru sehingga kalian bisa instal aplikasi apapun.

 

Baca Juga:  Fungsi dan Manfaat Aplikasi Nusatalent


Nah itulah beberapa cara membuat aplikasi menjadi kompatibel di andorid yang tanpa harus melakukan root. Selain 5 cara yang kami bagikan diatas, kalian masih bisa menggunakan cara lain, yakni dengan melakukan rooting pada smartphone anda. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan komentar dibawah ya jika artikel ini berguna untuk kalian.

This post have 0 komentar


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post